Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Resume Untuk Melamar Pekerjaan Dengan Mudah

Sebagian besar para pencari pekerjaan sudah tahu bahwa resume adalah suatu keharusan ketika datang untuk melamar pekerjaan dan membuat majikan potensial untuk memperhatikan, tetapi sayangnya, kebanyakan resume tidak sesuai dengan standar.

Orang-orang yang secara aktif mencari pekerjaan seringkali gagal menciptakan resume yang efektif yang akan mengesankan mempekerjakan manajer dan wawancara.

Namun, di pasar kerja yang gencar dewasa ini, di saat PHK adalah norma dan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat sulit, resume Anda lebih penting dari sebelumnya yang menarik perhatian perekrut atau resume screener, yang mungkin menghabiskan tidak lebih dari 30 detik pada setiap resume selama proses seleksi awal.

Cara Membuat Resume Untuk Melamar Pekerjaan
Ilustrasi | Cara Membuat Resume Untuk Melamar Pekerjaan


Inilah sebabnya mengapa resume Anda harus lebih dari sekadar dokumen yang mencantumkan berbagai pencapaian dan pencapaian Anda - itu harus menjadi alat pemasaran yang sukses.

Anda mungkin adalah individu yang paling keras bekerja, paling bertanggung jawab, tetapi jika resume Anda tidak menjelaskannya, apa yang akan membedakan Anda dari orang lain yang melamar pekerjaan, di mata manajer perekrutan?

Untuk menghindari pengubahan resume yang dengan kasar mencantumkan kualitas dan riwayat kerja Anda, Anda harus mengubahnya menjadi tulisan yang didorong oleh pencapaian yang dengan jelas menekankan pentingnya dan relevansi dari setiap pencapaian.

Resume yang dibangun dengan buruk hanya mencantumkan riwayat pekerjaan pelamar, menggunakan peluru untuk menyatakan tanggung jawab masa lalu, dan sepenuhnya mengabaikan untuk mengambil keuntungan dari teknik pemasaran yang membuat resume menonjol dari kerumunan.

Mungkin tidak mudah untuk melakukan hal ini, tetapi jika Anda mendekati proses langkah demi langkah, dan menggunakan bagian dasar resume untuk memasarkan kemampuan, pengalaman, dan nilai potensial Anda kepada pemberi kerja, menyusun ulang resume Anda menjadi mesin pemasaran adalah prestasi yang bisa diraih.

Memulai dari Atas

Boleh dibilang bagian terpenting dari resume adalah tiga perempat pertama halaman. Perekrut dan penyaring harus mengarungi tumpukan resume, sehingga mereka cenderung memindai bagian pertama dari halaman pertama untuk mengupas tumpukan, pada awalnya.

Jika Anda ingin selamat dari pemotongan pendahuluan, bagian resume Anda ini harus penuh dengan prestasi yang memasarkan keterampilan dan kemampuan khusus Anda kepada pemberi kerja dan posisi tertentu.

Tentu saja, nama dan informasi kontak Anda juga muncul di bagian ini, tetapi Anda juga harus menyertakan ringkasan profesional sebagai tambahan, sebagaimana disebutkan di atas, daftar pencapaian.

Ringkasan profesional

Ringkasan profesional dianggap oleh banyak ahli resume lebih efektif daripada "tujuan," yang dinyatakan di pasar kerja saat ini.

Ini berfungsi sebagai pengantar yang kokoh untuk resume yang kuat, dan terbukti lebih kuat dalam menghadapi pemindaian 30 detik karena ia menawarkan snapshot atribut terpenting Anda kepada perekrut.

Gunakan ringkasan sebagai iklan singkat tentang Anda. Masukkan informasi dalam satu atau dua kalimat pertama mengenai jenis posisi yang Anda cari, dan jelaskan mengapa Anda berbeda atau lebih baik daripada pelamar lain yang bersaing untuk posisi yang sama.

Tiga atau empat kalimat terakhir harus mengidentifikasi keahlian dan kemampuan Anda yang berlaku untuk pekerjaan yang dimaksud.

Jelaskan mengapa Anda bisa menjadi aset bagi perusahaan! Bertindak sebagai pengantar untuk resume Anda yang lain, pernyataan yang dibuat dalam ringkasan profesional perlu diperkuat di bagian resume yang mengikuti.

Pendidikan

Bagian terakhir dari resume mencantumkan informasi pendidikan, serta hal lain yang mungkin dianggap pengalaman profesional, seperti melanjutkan pendidikan, seminar, dan kelas lain yang telah Anda ambil yang berlaku untuk pekerjaan tersebut.

Di sini Anda juga dapat menarik perhatian ke organisasi profesional dan afiliasi milik Anda, serta tugas kewarganegaraan yang Anda lakukan dan pengalaman sukarela yang telah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun, asalkan itu berkaitan dengan posisi yang ingin Anda menangkan.

Selalu daftarkan gelar terakhir yang diselesaikan terlebih dahulu, tanpa menyebutkan tanggal. Tidak ada yang mengatakan perburuan pekerjaan itu sederhana, jadi penting untuk melakukan sebanyak mungkin untuk mendapatkan kaki Anda di pintu.

Dengan menggunakan resume Anda sebagai alat pemasaran yang kuat, akan jauh lebih mudah untuk berhasil meluncurkan karir Anda dan merebut pekerjaan impian yang selalu Anda inginkan.

Prestasi

Prestasi yang Anda putuskan untuk disorot dalam bagian ini penting karena kinerja masa lalu adalah indikator yang baik tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan, jika dipekerjakan.

Menyebutkan kesuksesan yang telah Anda cetak di masa lalu adalah cara terbaik untuk melakukan wawancara.

Pastikan Anda memilih 3-6 pencapaian yang berhubungan langsung dengan posisi yang Anda cari dan membuatnya terukur dan terukur - berikan jawaban untuk pertanyaan seperti berapa banyak / banyak? Yang mana? Jenis apa? Ini akan menambah substansi pada fakta yang telah Anda nyatakan.

Cara terbaik untuk menentukan prestasi apa yang tercantum di sini adalah dengan berpikir dari sudut pandang majikan.

Perekrut ingin tahu mengapa Anda bisa menjadi aset bagi perusahaan - mungkin Anda akan menghemat waktu dan uang mereka, atau memberikan hasil yang menguntungkan lainnya? Sorot pencapaian yang menarik perhatian pada kesuksesan masa lalu Anda dalam bidang keahlian yang berlaku.

Penglaman

Bagian resume ini menceritakan pengalaman profesional Anda. Di sini Anda membuat catatan tentang perusahaan tempat Anda bekerja di masa lalu, bersama dengan jabatan / posisi Anda dan tanggal kerja (dalam tahun).

Tapi hati-hati jatuh ke dalam perangkap hanya daftar pengalaman kerja Anda. Bahkan di bagian resume ini, sangat penting untuk menghindari menyusun inventaris tugas pekerjaan.

Perusahaan tertarik pada lebih dari sekadar pencapaian atau tanggung jawab permukaan - mereka mencari orang yang dapat menerjemahkan keberhasilan yang dicapai dalam pekerjaan masa lalu ke posisi masa depan. Jelaskan apa yang dapat Anda kontribusikan kepada pemberi kerja.

Misalnya, jika peran masa lalu Anda adalah sebagai "manajer," jelaskan bahwa ini melibatkan memimpin tim orang dan berhasil memotivasi mereka untuk menyelesaikan tugas sesuai anggaran dan tepat waktu.

Jika Anda bekerja sebagai kasir atau teller bank, perhatikan bahwa Anda dipercaya dengan uang dan bekerja dengan baik dalam kapasitas layanan pelanggan.

Penghargaan apa pun yang Anda menangkan juga dapat dinyatakan di bagian ini - ingatlah untuk menghitung setiap pernyataan yang Anda buat!
Fahrizal Adi
Fahrizal Adi Merupakan manusia biasa yang ingin web nya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan kalian semua :) bangjalinaja.blogspot.com

Post a Comment for "Cara Membuat Resume Untuk Melamar Pekerjaan Dengan Mudah"