Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Laporan Praktek Perakitan Komputer Kelas 10 SMK

LAPORAN PERAKITAN

Bab I Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Perkembangan komputer kini berkembang begitu pesat dan telah menimbulkan fenomena baru, berupa hadirnya masyarakat yang tidak bisa hidup tanpa komputer.

Dengan mengenal jenis perangkat keras yang ada disebuah unit komputer dan menguasai teknik-teknik perakitannya, maka masyarakat akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan komputer sesuai kebutuhan dan alokasi dana yang dimilikinya.

1.2 Batasan Praktek

Merakit sebuah computer harus melalui tahap-tahap agar bisa suskses da membuat computer bekerja dengan baik. Berikut tahap-tahap merakit computer.

1.3 Tujuan Praktek Perakitan

Siswa dapat mengetahui angkah-langkah perakitan computer Siswa dapat mengerti fungsi-fungsi komponen computer Siswa dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada saat merakit computer

Bab II Pembahasan

2.1 Landasan Teori

Komponen komputer terdiri atas : Motherboard/Mainboard, Processor, Ram (Random Acces Memory), VGA Card, Land Card, Hardisk, Power Supply, Heatsink and Fan, CD Room/DVD Room, Monitor, Keyboard, Mouse, Cassing.

2.1.1 Motherboard / Mainboard


Motherboard adalah papan rangkain utama pada PC dimana motherboard menggabungkan seluruh komponen pc mulai dari processor, RAM, dan lain-lain. Dimana fungsi dari motherboard sebagai pusat pengolahan.

2.1.2 Processor


Processor adalah komponen komputer yang paling utama karena sangat menentukan baik buruknya kinerja komputer (otaknya komputer). Berfungsi sebagai pengolah data didalam sistem.

2.1.3 RAM (Random Access Memory)


RAM adalah internal memory, yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara sementara dan bersifat acak.

2.1.4 VGA Card (Video Grafic Adaptor)


VGA Card berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan layar monitor.

2.1.5 Heatsink and Fan


Heatsink and Fan adalah kipas pendingin processor dan komponen yang lain, karena suhu di processor sangat panas.

2.1.6 Harddisk


Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Berfungsi sebagai penyimpan data secara permanen.

2.1.6 Casing

Casing berfungsi untuk melindungi komponen komputer dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik.

2.1.7 Power supply


Power supply adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan.

2.1.8 CD ROM/DVD ROM


CD ROM / DVD ROM adalah sebuah perangkat penyimpanan yang berfungsi untuk menghubungkan data, perpindahan data, pembacaan data atau “penulisan” data dari PC ke dalam sebuah cd/kaset.

2.1.9 Keyboard

Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang di perlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

2.1.10 Mouse


Mouse berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.

2.1.11 Monitor 

Alat keluaran yang dapat menampilkan angka atau gambar.

2.5 Langkah Kerja

2.2.1 K3LH

Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena memungkinkan keringat akan menetes keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek dan merusak hasil rakitan kita.

Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki processor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akan merusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-ground-kan tubuh kita dengan cara memegang cassing saat power di hidupkan.

Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru, power supply harus dimatikan. Karena memasang komponen pada saat power supply hidup akan merusak komponen yang akan di pasang.

Jangan lupa menyiapkan peralatan dan bahan-bahan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan perakitan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.

Hindari pemasangan kom[ponen harddisk  dengan kasar, karena dapat merusak harddisk tersebut.

2.2.2 Proses Perakitan

1. Memasang processor ke motherboard

2.Memasang Heatsink And Fan

3. Memasang RAM atau Memori ke mainboard

4. Memasang hardisk

5. Memasang CD ROM

BAB III PENUTUP

Kesimpulan

Dalam merakit komputer kita akan menemukan banyak peralatan hardware dalam hal ini kita harus mengetahui keseluruhan fungsi dan prinsip kerja hardware tersebut dalam membongkar CPU juga di perlukan ketelitian.

Saran

Deangan merakit komputer secara mandiri maka siswa dapat mengetahui ilmu lebih luas. Karena sejatinya orang IT itu makin lama makin sulit karena semakin berkembangnya teknologi komputer jika tidak mempelajari lebih luas maka bisa tertinggal zaman.

Sekian semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Fahrizal Adi
Fahrizal Adi Merupakan manusia biasa yang ingin web nya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan kalian semua :) bangjalinaja.blogspot.com

Post a Comment for "Contoh Laporan Praktek Perakitan Komputer Kelas 10 SMK"