Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberikan Tanggapan, Kritik, dan Saran Dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Salah satu ciri pembaca atau pendengar yang baik adalah seseorang dapat memahami isi naskah atau laporan yang di baca atau diperdengarkan oleh orang lain. Selanjutnya, ia pun mengemukakan taggapan, kritik, dan saran terhadap isi naskah ayau laporan tersebut.

Kegiatan ini akan membiasakan anda untuk menjadi pribadi yang kritis dan percaya diri.

Ada unsur penting dan mendasar yang perlu anda perhatikan ketika anda akan memberikan tanggapan, kritik, dan saran. Unsur tersebut yaitu isi dan bahasa.

Pada bagian isi, usahakananda menyampaikan pertanyaan pendapat, kritik, atau saran sesuai dengan isi laporan yang di sampaikan. Hindari tanggapan yang menyimpang dari isi laporan.

Pada unsur bahasa gunakanlah bahasa yang jelas, lugas dan santu agar mudah dipahami dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Tanggapan yang anda sampaikan dapat berupa hal-hal berikut ini.

Memberikan Tanggapan, Kritik, dan Saran Dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Pertanyaan

Anda dapat mengajukan pertanyaan  jika ada isi laporan yang belum jelas dan memerlukan penjelasan lebih lanjut dari si pembuat laporan.
Contoh:
Sehubungan dengan laporan yang Saudara laporkan, Saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan: Apakah ada ciri-ciri khusus dalam objek yang Saudara amati? Pertanyaan ini perlu Saya sampaikan karena dalam laporan ini ciri-cri objek tersebut tidak saudara paparka secara jelas.

 Pertanyaan diatas dapat kalian contoh karena pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sangat mudah untuk ditirukan apabila anda kebingungan dalam menyampaikan pertanyaan.

Pendapat

Anda dapat menyapaikan pendapat pribadi berdasarkan isi,sistematika, atau bahasa yang digunakan dalam laporan.
Contoh:
Meskipun Saudara tidak dapat memaparkan ciri-ciri khusus objek yang saudara amati, menurut pendapat saya, laporan ini mampu memberikan gambaran secara runtut dan sisteatis tentang pengamatan yang saudara lakukan. Dengan demikian, saya dapat memperoleh sedikit gambaran konkret tentang objek yang Saudara amati.

Kritik dan Saran

Anda dapat memnyampaikan kritik terhadap kekurangan isi laporan dan memberikan saran agar laporan yang disampaikan menjadi lbih baik. Dalam menyampaikan kritik dan saran anda harus bijak, jangan hanya memberikan kritik saja tetapi anda juga harus memberikan saran, itu sangat penting.
Contoh:
Laporan yang Saudara laporkan tadi sebenarnya sudah lumayan bagus, runtut, dan sistematis. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang saya anggap sedikit menggangu, yaitu ciri-ciri objek yang Saudara amati tidak di paparkan secara mendetail. Jika boleh menyarankan, laporan tersbut sebaiknya dilengkapi dengan memaparkan ciri-ciri objek tersebut. Dengan demikan, laporan yang Saudara sampaikan menjadi lebih lengkap dan utuh.

 Jika menyampaikan suatu kritik dan saran jangan sampai anda menyakiti perasaan orang lain, usahakan anda menyampaikan hal ini dengan kata-kata yang enak di baca dan tidak menyakitkan. Sekian penjelasan dari saya semoga bisa bermanfaat thank you.

Fahrizal Adi
Fahrizal Adi Merupakan manusia biasa yang ingin web nya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan kalian semua :) bangjalinaja.blogspot.com

Post a Comment for "Memberikan Tanggapan, Kritik, dan Saran Dalam Teks Laporan Hasil Observasi"